PROPOSAL USAHA JASA “INTIM” TOUR & TRAVEL
Untuk
memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Bisnis
![]() |
Disusun Oleh:
1.
Liafatra Nurlaily (S1 AKUNTANSI F /
5130111426)
2.
Andreas Nurcahya (S1 AKUNTANSI F /
5130111431)
3.
Tutut Nanda Eka Cahyani
(S1 AKUNTANSI F/ 5130111436)
4.
Rr. Shinta Kusuma Ph (S1 AKUNTANSI F/
5130111435)
PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI
FAKULTAS BISNIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA
TAHUN 2013/2014
I.
LATAR BELAKANG
Jika Anda pernah mengikuti perjalanan wisata dengan menggunakan beberapa
bus atau study tour pada waktu sekolah, perjalanan yang menyenangkan tersebut
tidak lepas dari peran jasa tour & travel. Jasa tour & travel sangat
dibutuhkan disaat mereka yang akan melakukan perjalanan tidak memiliki banyak
waktu untuk mempersiapkan sendiri.Usaha perjalanan wisata merupakan salah satu
jenis bisnis jasa yang cukup menjanjikan. Setiap bulan ada banyak wisatawan
baik asing maupun domestik yang ingin melakukan perjalanan wisata. Disinilah
letak peluang bisnis yang mungkin dapat menjadi pilihan usaha. Karena dengan
mendirikan jasa tour & travel berarti telah membantu banyak orang dalam
mempersiapkan rencana perjalanannya.
Salah satu destinasi objek wisata yang dapat dijadikan pilihan adalah
Papua Barat. Provinsi Papua Barat memiliki potensi yang luar biasa baik
pertanian, pertambangan, hasil hutan, maupun pariwisata. Mutiara dan rumput
laut dihasilkan di Kabupaten Raja Ampat, sedangkan satu-satunya industri
tradisional tenun ikat di hasilkan di Kabupaten Sorong Selatan. Selain itu,
wisata alam yang menjadi andalan di provinsi ini diantaranya, Kepulauan Raja
Ampat, Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Danau Sentani, Pegunungan Jayawijaya
dan Taman Nasional Lorenz.
II.
TUJUAN
Adapun tujuan dari pada usaha ini adalah :
1.
Untuk memperoleh pendapatan dari wirausaha jasa tour and travel
2.
Memberikan kepuasan bagi wisatawan yang menggunakan jasa tour & travel
3.
Memperkenalkan pariwisata Indonesia khususnya Indonesia Pulau Papua
4.
Mengembangkan usaha tour & travel ini agar maju dan berkembang serta
memiliki cabang di berbagai kota lain.
III.
Profil Perusahaan
Nama Perusahaan : INTIM
(INDONESIA TIMUR) TOUR AND TRAVEL
Jenis Perusahaan :
Perusahaan penyedia jasa
Alamat
: Jalan Prawirotaman No 1 Yogyakarta
Manajer Umum :
Andreas Nurcahya
Manajer Pemasaran : Shinta
Kusuma Priyohandoko
Manajer Keuangan :
Liafatra Nurlaily
Manajer Pelaksanaan : Tutut
Nanda Eka Cahyani
IV.
Analisis SWOT
a.
Kekuatan
·
Memiliki destinasi wisata pilihan yang lebih menarik
dari destinasi wisata yang lain
·
Tersedia banyak paket liburan dengan harga yang
bervariasi
·
Memiliki pemandu wisata yang kompeten dan
berpengalaman
·
Menggunakan konsep kepuasan wisatawan
b. Kelemahan
· Masih banyak
lapisan masyarakat yang belum tahu destinasi wisata di Pulau Papua
· Masih banyak lapisan
masyarakat yang menganggap mahal untuk berwisata ke Pulau Papua
c.
Peluang
·
Masih jarang perusahaan jasa tour & travel yang
menyediakan paket wisata ke Pulau Papua
·
Kebutuhan berwisata semakin tinggi di Indonesia dan
mancanegara
·
Pulau Papua memiliki tingkat daya tarik yang tinggi
bagi wisatawan lokal maupun mancanegara
d.
Tantangan
·
Keterbatasan sarana transportasi untuk menuju objek
wisata
·
Hambatan lain yaitu kerusakan armada. Kerusakan ini
dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya, sopir ugal-ugalan yang
memperlakukan kendaraan dengan tidak baik.
·
Cuaca yang buruk kadang juga menjadi hambatan dalam
melakukan perjalanan.
·
Hambatan paling nyata adalah persaingan dengan bisnis
sejenis lainnya
V.
Rencana Usaha
Nama Usaha
Usaha yang kami buka adalah jasa tour & travel dengan nama INTIM
(INDONESIA TIMUR) TOUR AND TRAVEL yang merupakan anak perusahaan jasa tour
& travel INDONESIA TOUR & TRAVEL yang beralamat di Jalan Pondok Indah
No 125 Jakarta Selatan. Alasan kami memilih nama ini karena jasa tour &
travel ini khusus menyediakan jasa tour & travel ke daerah Indonesia Timur,
khususnya Pulau Papua.
Tempat Usaha
Setelah melalui beberapa tahap pencarian, tempat yang memungkinkan
dimulainya usaha adalah Jalan Prawirotaman No 1 Yogyakarta. Daerah ini kami nilai
tidak jauh dari jalan yang ramai. Selain itu, banyak terdapat hotel yang
digunakan untuk singgah para wisatawan di Yogyakarta. Serta kami akan membuka
kantor di Pulau Papua yaitu di Jalan Woka-woka Selatan No 35 Sorong Papua,
lokasi tersebut sangat strategis untuk menuju ke objek wisata.
Waktu Operasional
Kantor ini akan kami buka setiap hari
Selasa-Minggu dari jam 09:00 sampai jam
21:00, libur setiap hari Senin, hal ini pertimbangkan karena hari Senin adalah
hari awal setiap minggu yang kebanyakan masyarakat sibuk akan pekerjaan
masing-masing dan belum tentu sempat memikirkan untuk berwisata.
Anggaran Dana
Rencana anggaran dana yang akan digunakan lebih kurang sejumlah Rp3.723.000.000,00
(Tiga Milyar Tujuh Ratus Dua Puluh Tiga Rupiah) dengan perincian sebagaimana
yang akan kami jelaskan kemudian. Prinsip yang digunakan dalam usaha ini adalah
persentase proporsional terhadap dana yang ditanamkan demi keberlangsungan
usaha ini. Pelaksana operasional memiliki persentase sejumlah xx % dari
omset bulanan (akan dibahas secara hukum yang berlaku di Indonesia). Dan akan
berubah seiring perkembangan waktu dan kondisi, seperti terjadi loss/rugi di
bulan-bulan awal, terjadi BEP, penambahan biaya operasional, dan lain
sebagainya.Perjanjian kerjasama ini bersifat mengikat dan dapat berubah setelah
melalui pembicaraan secara hukum yang berlaku di Indonesia.
VI.
Pemasaran
a. Target pasar
Karena kantor kami buka di jalan
Prawirotaman yang banyak penginapan turis, maka target pasar dari usaha tour
& travel ini adalah para wisatawan domestik maupun mancanegara. Target
pasar kami juga untuk lingkup kawasan menengah ke atas.
b. Metode Pemasaran
Metode pemasaran yang akan kami gunakan adalah dengan
promosi menggunakan brosur, radio, dan banner yang akan kami pasang di tempat-tempat
umum.
c. Isi Paket Wisata
Isi dari paket wisata yang kami tawarkan adalah :
·
Paket Friendship ke Raja Ampat
-
5 hari 4 malam
-
5-10 orang @ Rp18.500.000,00
-
Objek wisata termasuk tiket masuk di tiap objek wisata
(Raja Ampat) Kepulauan Wayag, Teluk Kabui, Selat Kabui, Hidden bay, Arborek,
Kampung Sawinggrai.
-
Hotel bintang 4
-
Transportasi menggunakan pesawat siwijaya air
(Jogja-Sorong), mobil dan pembelian tiket kapal cepat (menuju objek wisata)
-
16 kali makan
·
Paket Family
-
5 hari 4 malam
-
3-5 orang @ Rp20.000.000,00
-
objek wisata termasuk tiket masuk di tiap objek wisata
(Raja Ampat) Kepulauan Wayag, Teluk Kabui, Selat Kabui, Hidden bay, Arborek,
Kampung Sawinggrai.
-
Ressort di Sorong
-
Transportasi menggunakan pesawat siwijaya air
(Jogja-Sorong), mobil dan pembelian tiket kapal cepat (menuju objek wisata)
-
16 kali makan
·
Paket Honey Moon
-
10 hari 9 malam
-
2 orang @Rp25.000.000,00
-
Objek wisata (Raja Ampat) Kepulauan Wayag, Teluk
Kabui, Selat Kabui, Hidden bay, Arborek, Danau Sentani, dan Taman Nasional
Lorenz.
-
Hotel bintang 4
-
Transportasi menggunakan pesawat siwijaya air
(Jogja-Sorong), mobil dan pembelian tiket kapal cepat (menuju objek wisata)
-
28 kali makan (3 kali candle light dinner)
VII.
Estimasi Anggaran
KETERANGAN
|
HARGA
|
JUMLAH
|
||
1.
|
Modal Perusahaan Induk
|
Rp500.000 .000
|
Rp500.000.000
|
|
2.
|
Tanah seluas 100m2 di Yogyakarta
|
Rp3.000.000/m2
|
Rp300.000.000
|
|
3.
|
Bangunan seluas 48m2 (2
lantai) di Yogyakarta
|
Rp350.000.000
|
Rp350.000.000
|
|
4.
|
Tanah seluas 275m2 di Sorong, Papua
|
Rp140.000.000
|
Rp140.000.000
|
|
5.
|
Bangunan seluas 72m2 di Sorong, Papua
|
Rp300.000.000
|
Rp300.000.000
|
|
6.
|
Inventaris Usaha
|
Rp100.000.000
|
Rp100.000.000
|
|
7.
|
Mobil Usaha (10 mobil Kia
Travello)
|
Rp250.000.000
|
Rp2.500.000.000
|
|
8.
|
Perizinan
|
Rp18.000.000
|
Rp18.000.000
|
|
9.
|
Lain-lain
|
Rp5.000.000
|
Rp5.000.000
|
|
Total Estimasi Aset Tetap
|
Rp4.213.000.000
|
PROYEKSI
LABA-RUGI (Setiap Bulan)
Untuk
5 bulan pertama sejak pendirian perusahaan
Deskripsi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
A.PENJUALAN
JASA
|
Rp385.000.000
|
Rp585.000.000
|
Rp333.000.000
|
Rp1.205.000.000
|
B.BIAYA
USAHA
|
||||
1.
Biaya Tour
|
Rp331.400.000
|
Rp503.000.000
|
Rp280.700.000
|
Rp1.038.300.000
|
2. Gaji karyawan
|
Rp30.250.000
|
Rp42.850.000
|
Rp42.850.000
|
Rp59.650.000
|
3. Biaya pemasaran
|
Rp750.000
|
Rp750.000
|
Rp750.000
|
Rp750.000
|
4. Perlengkapan
|
Rp2.000.000
|
Rp2.000.000
|
Rp2.000.000
|
Rp2.000.000
|
5.Biaya Lain-lain
(Listrik,air,dll)
|
Rp3.000.000
|
Rp3.000.000
|
Rp3.000.000
|
Rp3.000.000
|
Total
Biaya Usaha
|
Rp367.400.000
|
Rp551.600.000
|
Rp329.300.000
|
Rp1.103.700.000
|
C.
LABA USAHA (A-B)
|
Rp17.600.000
|
Rp33.400.000
|
Rp3.700.000
|
Rp101.300.000
|
D.LABA SEBELUM PAJAK
|
Rp17.600.000
|
Rp33.400.000
|
Rp3.700.000
|
Rp101.300.000
|
E. PAJAK
|
Rp176.000
|
Rp334.000
|
Rp37.000
|
Rp1.013.000
|
F. LABA BERSIH (D–E)
|
Rp17.424.000
|
Rp33.066.000
|
Rp3.663.000
|
Rp100.287.000
|
VIII. Penutup
Hasil dari
uraian proposal diatas maka dapat disimpulkan bahwa peluang jasa “INTIM” Tour
And Travel ini baik dari segi ide, sasaran pasar, hingga rencana finansial
memiliki prospek yang baik dunia bisnis dan masa depan.
Dalam memulai suatu usaha pasti tidak
terlepas dari adanya hambatan dan rintangan yang terjadi. Hambatan terbesar
yang dialami jasa tour & travel kami ini adalah lapisan masyarakat
Indonesia yang mayoritas masih menengah ke bawah, sehingga mereka tidak terlalu
memikirkan untuk berwisata yang mewah. Maka segmen pasar dari usaha jasa ini
adalah masyarakat menengah ke atas.
Biasanya mereka memiliki tingkat keinginan dan kemampuan untuk berwisata yang
tinggi.
.
8 komentar:
:h:
:h:
ijin melihat rangkaian proposalnya :)
Saya sangat terbntu gn terimakasih infonya
permisi , saya numpang copy paste beberapa yah ,, soalnya isinya bagus
:h
Trimakasih infonya 😊
:n:
Posting Komentar