Minggu, 05 Oktober 2014


1.      Mengapa masyarakat modern disebut masyarakat konsumen? Dan apa dasar pertimbangan predikat tersebut?
Ø  Masyarakat modern adalah masyarakat pasar atau masyarakat bisnis atau juga disebut masyarakat konsumen. Alasannya tentu jelas, semua orang dalam satu atau lain bentuk tanpa terkecuali adalah konsumen dari salah satu barang yang diperlukan melalui kegiatan bisnis. Bisnis sudah merasuki seluruh masyarakat dan semua sendi kehidupan manusia. Karena itu tidak satu orang pun luput dari bisnis itu. Semua manusia adalah konsumen, termasuk pelaku bisnis atau pedagang/produsen itu sendiri.
2.      Adakah tanggung jawab bisnis terhadap perlindungan konsumen? Apakah hal tersebut tidak bertentangan dengan tujuan utama bisnis?
Ø  para pelaku bisnis/pedagang punya anggapan bahwa mereka sesungguhnya hanya memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka hanya memenuhi permintaan. Jadi mereka tidak bertanggung jawab atas sebuah barang/makanan yang merugikan atau berpotensi merugikan konsumen. Dalam hal ini, bisnis lalu dianggap sebagai suatu aktivitas netral yang hanya ingin melayani kebutuhan dan permintaan konsumen. Contohnya dalam kasus makanan yang mengandung zat berbahaya, pedagang hanya memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen. Bahwa makanan yang mengandung zat berbahaya merugikan kesehatan manusia, pedagang tidak bertanggung jawab, karena masyarakat itu sendiri yang membutuhkan, sementara pedagang hanya memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat.
3.      Apakah yang dimaksud dengan kebebasan konsumen dan masyarakat?
Ø  Kebebasan konsumen dan masyarakat adalah bahwa konsumen dan masyarakat berhak memilih barang dan jasa sesuai keinginan dan kemampuan mereka masing-masing tanpa ada paksaan dari produsen untuk menggunakan barang dan jasa yang mereka tawarkan
4.      Sampai seberapa jauh tanggung jawab terhadap konsumen dari barang dan jasa yang ditawarkan produsen/perusahaan?
Ø   tanggung jawab terhadap konsumen-konsumen, seperti :
·       Memberikan garansi  ketika ada kerusakan sebelum masa garansi habis;
·       Menyediakan barang dan jasa yang berkualitas;
·       Memberikan informasi yang benar mengenai barang dan jasa yang akan dijual;
·       Memberikan harga produk dan jasa yang adil dan wajar.
Dengan memberikan pelayanan yang memuaskan dan hasil produk yang dijaga kualitasnya, maka akan memberikan dampak tersendiri bagi konsumen. Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila pelayanan yang memuaskan dan hasil produk yang berkualitas dapat diberikan oleh perusahaan kepada konsumen.

Pertanyaan II
1.      Benarkah pada abad modern disebut abad Informasi dan punya peran penting dalam bisnis?
Ø  Benar, abad modern disebut abad Informasi karena pada abad modern ini kita bisa dengan mudahnya mendapatkan informasi apapun yang kita inginkan seperti contohnya melalui internet. Kita bisa kapan saja mengakses internet untuk mencari informasi yang kita butuhkan. Dengan perkembangan informasi yang begitu pesat dan canggihnya di abad modern maka secara langsung akan berperan penting dalam dunia bisnis. Pada abad modern, produsen dapat langsung menyebarkan informasi sekaligus memasarkan barang atau jasa yang ditawarkannya melalui internet. Hampir setiap orang mengonsumsi internet setiap harinya, sehingga promosi dan pemasaran dari produsen akan lebih cepat sampai dan tersebar ke konsumen.
2.      Benarkah kehidupan manusia sangat dipengaruhi oleh iklan produk atau jasa dalam pemenuhan kebutuhannya?
Ø  Benar, karena dengan adanya iklan konsumen akan mengetahui informasi mengenai produk atau jasa dan kemudian akan membandingkannya dengan produk atau jasa yang lain yang se-tipe kemudian akan memilihnya salah satu.

3.      apa benar bahwa citra bisnis akan dipengaruhi oleh peran iklan?
Ø  Tidak benar bahwa citra bisnis akan dipengaruhi oleh iklan. Citra bisnis seseorang atau suatu perusahaan akan terlihat baik atau buruknya setelah barang atau jasanya digunakan oleh konsumen dan kemudian konsumen akan menilai baik atau buruk barang atau jasa dari produsen tersebut.
4.      Strategi apa yang dilakukan perusahaan dalam mendekatkan barang dan jasa yang hendak dijual kepada konsumen?
Ø  Strategi yang paling tepat dilakukan perusahaan dalam mendekatkan barang dan jasa yang hendak di jual kepada konsumen yaitu iklan. Dalam dunia bisnis, iklan merupakan satu kekuatan yang dapat digunakan untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Penekanan utama iklan adalah akses informasi dan promosi dari pihak produsen kepada konsumen. Sebagai media, baik yang berupa visual atau oral, iklan jenis punya tendensi untuk mempengaruhi khalayak umum untuk mencapai target keuntungan.
5.      Benarkah iklan yang tidak jujur (menipu dan tidak jujur) akan merusah citra perusahaan?
Ø  Benar, iklan yang tidak jujur akan merusak citra perusahaan. Untuk mempromosikan barang atau jasanya perusahaan membuat iklan yang sedemikian menarik agar konsumen merasa tertarik untuk mengonsumsinya, namun apabila setelah mengonsumsi barang atau jasa tersebut konsumen merasa kecewa karena tidak sesuai dengan iklan yang dilihatnya, kemudian konsumen akan berhenti dan trauma menggunakan barang atau jasa dari perusahaan tersebut dan lambat namun pasti konsumen yang sudah merasa kecewa akan menyebarkan berita tersebut kepada calon konsumen lain. 

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar