1. Mengapa
masyarakat modern disebut masyarakat konsumen? Dan apa dasar pertimbangan
predikat tersebut?
Ø Masyarakat modern adalah
masyarakat pasar atau masyarakat bisnis atau juga disebut masyarakat konsumen.
Alasannya tentu jelas, semua orang dalam satu atau lain bentuk tanpa terkecuali
adalah konsumen dari salah satu barang yang diperlukan melalui kegiatan bisnis.
Bisnis sudah merasuki seluruh masyarakat dan semua sendi kehidupan manusia.
Karena itu tidak satu orang pun luput dari bisnis itu. Semua manusia adalah
konsumen, termasuk pelaku bisnis atau pedagang/produsen itu sendiri.
2. Adakah tanggung
jawab bisnis terhadap perlindungan konsumen? Apakah hal tersebut tidak
bertentangan dengan tujuan utama bisnis?
Ø para
pelaku bisnis/pedagang punya anggapan bahwa mereka sesungguhnya hanya memenuhi
kebutuhan hidupnya. Mereka hanya memenuhi permintaan. Jadi mereka tidak
bertanggung jawab atas sebuah barang/makanan yang merugikan atau berpotensi
merugikan konsumen. Dalam hal ini, bisnis lalu dianggap sebagai suatu aktivitas
netral yang hanya ingin melayani kebutuhan dan permintaan konsumen. Contohnya
dalam kasus makanan yang mengandung zat berbahaya, pedagang hanya memenuhi
kebutuhan dan permintaan konsumen. Bahwa makanan yang mengandung zat berbahaya
merugikan kesehatan manusia, pedagang tidak bertanggung jawab, karena
masyarakat itu sendiri yang membutuhkan, sementara pedagang hanya memenuhi apa
yang dibutuhkan masyarakat.
3. Apakah yang
dimaksud dengan kebebasan konsumen dan masyarakat?
Ø Kebebasan
konsumen dan masyarakat adalah bahwa konsumen dan masyarakat berhak memilih
barang dan jasa sesuai keinginan dan kemampuan mereka masing-masing tanpa ada
paksaan dari produsen untuk menggunakan barang dan jasa yang mereka tawarkan
4. Sampai seberapa
jauh tanggung jawab terhadap konsumen dari barang dan jasa yang ditawarkan
produsen/perusahaan?
Ø
tanggung jawab terhadap konsumen-konsumen, seperti :
·
Memberikan garansi ketika ada kerusakan sebelum masa garansi habis;
·
Menyediakan barang dan jasa yang berkualitas;
·
Memberikan informasi yang benar mengenai barang dan jasa yang akan dijual;
·
Memberikan harga produk dan jasa yang adil dan wajar.
Dengan memberikan pelayanan yang memuaskan dan hasil
produk yang dijaga kualitasnya, maka akan memberikan dampak tersendiri bagi
konsumen. Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila pelayanan yang memuaskan dan
hasil produk yang berkualitas dapat diberikan oleh perusahaan kepada konsumen.
Pertanyaan II
1.
Benarkah pada abad modern disebut abad Informasi dan punya peran penting
dalam bisnis?
Ø
Benar, abad modern disebut abad Informasi karena pada abad modern ini kita
bisa dengan mudahnya mendapatkan informasi apapun yang kita inginkan seperti
contohnya melalui internet. Kita bisa kapan saja mengakses internet untuk
mencari informasi yang kita butuhkan. Dengan perkembangan informasi yang begitu
pesat dan canggihnya di abad modern maka secara langsung akan berperan penting
dalam dunia bisnis. Pada abad modern, produsen dapat langsung menyebarkan
informasi sekaligus memasarkan barang atau jasa yang ditawarkannya melalui
internet. Hampir setiap orang mengonsumsi internet setiap harinya, sehingga
promosi dan pemasaran dari produsen akan lebih cepat sampai dan tersebar ke
konsumen.
2.
Benarkah kehidupan manusia sangat dipengaruhi oleh iklan produk atau jasa
dalam pemenuhan kebutuhannya?
Ø
Benar, karena dengan adanya iklan konsumen akan mengetahui informasi
mengenai produk atau jasa dan kemudian akan membandingkannya dengan produk atau
jasa yang lain yang se-tipe kemudian akan memilihnya salah satu.
3.
apa benar bahwa citra bisnis akan dipengaruhi oleh peran iklan?
Ø Tidak benar
bahwa citra bisnis akan dipengaruhi oleh iklan. Citra bisnis seseorang atau
suatu perusahaan akan terlihat baik atau buruknya setelah barang atau jasanya
digunakan oleh konsumen dan kemudian konsumen akan menilai baik atau buruk
barang atau jasa dari produsen tersebut.
4. Strategi apa
yang dilakukan perusahaan dalam mendekatkan barang dan jasa yang hendak dijual
kepada konsumen?
Ø Strategi yang
paling tepat dilakukan perusahaan dalam mendekatkan barang dan jasa yang hendak
di jual kepada konsumen yaitu iklan. Dalam dunia bisnis, iklan merupakan satu
kekuatan yang dapat digunakan untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya.
Penekanan utama iklan adalah akses informasi dan promosi dari pihak produsen
kepada konsumen. Sebagai media, baik yang berupa visual atau oral, iklan jenis
punya tendensi untuk mempengaruhi khalayak umum untuk mencapai target
keuntungan.
5. Benarkah iklan
yang tidak jujur (menipu dan tidak jujur) akan merusah citra perusahaan?
Ø Benar, iklan
yang tidak jujur akan merusak citra perusahaan. Untuk mempromosikan barang atau
jasanya perusahaan membuat iklan yang sedemikian menarik agar konsumen merasa
tertarik untuk mengonsumsinya, namun apabila setelah mengonsumsi barang atau
jasa tersebut konsumen merasa kecewa karena tidak sesuai dengan iklan yang
dilihatnya, kemudian konsumen akan berhenti dan trauma menggunakan barang atau
jasa dari perusahaan tersebut dan lambat namun pasti konsumen yang sudah merasa
kecewa akan menyebarkan berita tersebut kepada calon konsumen lain.
0 komentar:
Posting Komentar